TIPS AGAR ANAK RAJIN SHALAT LIMA WAKTU

       Berikut ini salah satu tips agar anak-anak kita rajin shalat lima waktu. Tips ini sudah sebulan saya terapkan di rumah kepada anak-anak kami, dan alhamdulillah, lumayan berhasil.

Sebagai info, anak kami ada lima. Tiga orang sudah masuk sekolah dasar (ami kelas 4, akif kelas 3 dan aya kelas 1). Dua masih balita (adib dan amira). Aya dan Adib sebagaimana dulu saya pernah cerita mengidap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) kata dokter di RS Hermina, ada gangguan berbicara juga sampai saat ini. Alhamdulillah 'ala kulli haal.
Nah, yang mulai kami didik untuk sungguh-sungguh tertib shalatnya adalah anak-anak kami yang sudah masuk sekolah (tiga orang). Yang balita, belum. Yang balita ikut-ikutan aja kalau kami shalat di rumah.
Sebelumnya tiga bocah ini susaaaah sekali kalau disuruh sholat. Padahal dulunya, waktu belum sekolah, mereka rajin sholatnya. Bahkan abahnya yang dulu males .. :D Kalau udah adzan mereka ngingetin abahnya untuk sholat ke masjid. Tapi, setelah masuk sekolah, kenal banyak teman, kenal jajan dan main, jadi males banget sholatnya.
Maka mulailah bulan kemarin kami sungguh-sungguh merancang program agar mereka rajin sholat.
Tentu diawali dengan menerapkan tips-tips yang umum yang sudah sering kita dengar. Apa saja tips umumnya ?
1) banyak-banyak berdo'a dan istighfar
2) abah dan bundanya jadi contoh dalam perhatian menegakkan sholat
3) ingatkan kalau sudah masuk waktu sholat. kalau shubuh matikan kipas angin, nyalakan lampu kamar agar mereka bangun
Nah, sekarang tips khususnya.
Mulai bulan kemarin saya memasang karton dengan tulisan "Perolehan Bintang Amal Sholeh" di ruang tamu rumah kontrakan kami yang minim pajangan dan tidak ada kursi meja tamu, cuma ada tivi yang juga kesamber petir kemarin (eh, curcol ini mah ..:D )
jadi setiap kali mereka sholat, mereka dapat gambar bintang yang dicatat di karton tersebut. tidak setiap sholat dapat satu bintang.
tapi :
*) shalat shubuh dapat bintang satu
*) shubuh jamaah di masjid dapat bintang satu lagi
*) shalat dzuhur, ashar, maghrib dapat bintang satu aja. kenapa bintangnya cuma satu ..? karena dzuhur ashar mereka di sekolah, insyaallah pasti sholat. kalau maghrib kadang2 temannya nyamper buat ke masjid. jadi gampang juga sholatnya
*) isya dapat satu bintang.
jadi kalau shalat lima waktu dalam sehari dapat bintangnya 3
ada tambahan bintang lagi, kalau :
*) bantuin bunda tiga kali sehari
*) nyuci piring sendiri dan bersihin kasur
yang bintang tambahan ini malah pada males ngerjainnya .. :D
bintangnya buat apa ..? buat tambahan uang jajan. satu bintang seribu rupiah, dapat ditukar di akhir pekan. jadi kalau jalan-jalan akhir pekan, kami gak keluar uang lagi buat makan-makan, biar mereka bayar sendiri .. hehehe .. abahnya pelit :D
yang bintangnya paling banyak dalam sebulan, dapat hadiah mainan atau buku bacaan.
pemenang bintang terbanyak bulan kemarin adalah kakak ami, dan dapat hadiah sepatu roda warna pink .. yuhuu  :D
waah, ini mah nyogok anak, gak ngajarin ikhlash ..
anak-anak kita belum tahu makna ikhlash, insyaallah pelan-pelan mereka akan faham. yang terpenting sekarang mereka merasakan nikmatnya sholat lima waktu dulu.
nikmat yang tidak pernah dirasakan kecuali oleh orang yang sudah menjalankannya dengan tertib.
demikian. wallahu a'lam ..

Related Posts:

0 Response to "TIPS AGAR ANAK RAJIN SHALAT LIMA WAKTU"

Posting Komentar