Apa Itu Tauhid ??

🖇Tauhid⚔
Karya syeikh sulaiman bin nashir ulwan

📜hakikat tauhid
Segala puji bagi Allah, kami meminta pertolongan, dan meinta ampun
Aku bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah yg tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa muhammad adalah hamba dan utusan Allah.

📠sesungguhnya Allah Azza Wajalla, tidaklah mengutus utusan / rasul. Dan jyga tidaklah menurunkan kitab, kecuali untuk menghambakan diri pada Nya dan tidak di sekutukan,
Mulai dari semua ibadah seperti :
Takut
Pengharapan
Tawakkal
Keinginan
Ketakutan
Rasa kembali
⌨ dan lain2 ibadah yg Allah perintahkan atas hambanya

📜Allah berfirman

(وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ)

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku"
[Surat Adz-Dzariyat 56]

📜dan Allah berfirman
(وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ)

"Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).
[Surat Al-Bayyinah 5]

📠 maka hakikat ikhlas ialah menghkususkan Allah dalam ibadah dan menghilangkan segala perbuatan yg mengkeruhkan keihklasan.

📜dan Al Quran seluruhnya dari awal surah al fatihah sampai akhir, menjelaskan tauhid, maka tidaklah kita melewati satu ayat, kecuali di situ ada kandungan tentang tauhid, karna tauhid adalah kewajiban di atas kewajiban yg lain, dan sesuatu yg amat penting melebihi kepentingan lainnya,

📠 maka awal perintah yg tertuliskan di dalam susunan ayat dalam Al Quran adalah perintah bertauhid
Allah berfirman :
(يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ)

"Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa"
[Surat Al-Baqarah 21]

📠 Dan awal yg pertama kali di larang yg tersusun di dalam Al Quran adalah

⚔ larangan berbuat syirik⚔

Allah berfirman :

(ْفَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ)

"Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui."
[Surat Al-Baqarah 22]

📌walaupun seorang hamba bertemu dengan Allah dengan amalan sebesar gunung, melaksanakan perintah sholat, zakat, puasa, haji, sodaqoh.
📌 namun tidak ada pada dirinya tauhid☝🏻, maka Allah tidak akan menerimanya, dan di jadikannya amalannya bagaikan debu yang beterbangan

📌 karna dia belum menghadirkan apa yang membuatnya masuk ke dalam islam, yakni tauhid dan menjauhi kemusyrikan.

🖇 dan telah di perintahkan nabi muhammad saw agar memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tiada ilah kecuali Allah, dan Muhammad rasulullah, serta mendirikan sholat, menunaikan zakat, -> sebagaimana yg tertera dalam hadits yg di riwayatkan oleh shahih bukhari muslim.

📌 maka barang siapa yg di seru agar masuk ke dalam islam, kemudian tidak menanggapi seruan tsb maka memeranginya adalah wajib, kecuali ia membayar jizyah, agar tidak ada kuasa yg tersisa orang2 yg memusyrikan Allah , dan di jadikan agama hanya milik Allah.

📜 Allah berfirman :
(وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ ۖ فَإِنِ انْتَهَوْا فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِينَ)
Dan perangilah mereka itu sampai tidak ada lagi fitnah, dan agama hanya bagi Allah semata. Jika mereka berhenti, maka tidak ada (lagi) permusuhan, kecuali terhadap orang-orang zhalim. Albaqoroh :193

⚔📌maka selagi kemusyrikan itu ada, dan selain dari pada Allah di hambai, maka perang akan senantiasa ada, maka dengan landasan inilah landasan dakwah rasulullah. Yg di utus untuk membinasakan kemusyrikan. Serta menyebarkan pemahaman tauhid, yaitu 📌 mengkhususkan Allah saja dalam ibadah/ penghambaan.
[10/5 10.05] ‪+62 812-8417-2200‬: 🖇 Tauhid☝🏻:

Allah berfirman :

(وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا )

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. 
[Surat An-Nisa' 36]

🖇semua utusan/ para rasul, dari awal(yaitu nuh) sampai akhir(muhammad saw), memulai dakwahnyaterhadap kaumnya dengan kalimat اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ

"Sembahlah Allah dan jangan menyekutukannya dengan sesuatu apapun!!"

🔈nabi nuh menyeru :
(قَالَ يَا قَوْمِ إِنِّي لَكُمْ نَذِيرٌ مُبِينٌ * أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاتَّقُوهُ وَأَطِيعُونِ)

Dia (Nuh) berkata, “Wahai kaumku! Sesungguhnya aku ini seorang pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu◻
(yaitu) sembahlah Allah, bertakwalah kepada-Nya dan taatlah kepadaku
[Surat Nuh 2 - 3]

◻dan ibadah mencakup seluruh apa yg di perintahkan Allah dari :
Ucapan dan perbuatan.
◻dan sesuatu yg paling agung yg Allah perintahkan ialah mengkhususkannya/memurnikannya dalam ibadah tanpa selainnya.

◻maka tidaklah merasa sombong seorang hamba dalam beridah kpd Nya kecuali orang2 yg menolak, seperti firaun, dll. Yg menolak serta mengatakan tentang Allah apa yg mereka tidak ketahui.

🖇maka tidaklah selamat seorang hamba dari kesyirikan kecuali dengan : ◻☝🏻bertauhid☝🏻
◻ mengikuti rasulullah saw

🔈karna sesungguhnya inilah perkara yg bisa mendatangkan nikmat/adzab

📜Allah berfirman
(لَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوحًا إِلَىٰ قَوْمِهِ فَقَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ)

Sungguh, Kami benar-benar telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang dahsyat (kiamat).
[Surat Al-A'raf 59]

📜Allah berfirman :
(وَإِلَىٰ عَادٍ أَخَاهُمْ هُودًا ۗ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۚ أَفَلَا تَتَّقُونَ)

Dan kepada kaum ‘Ad (Kami utus) Hud, saudara mereka. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa?”
[Surat Al-A'raf 65]

📜 Allah berfirman
(وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۗ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ قَدْ جَاءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ ۖ هَٰذِهِ نَاقَةُ اللَّهِ لَكُمْ آيَةً ۖ فَذَرُوهَا تَأْكُلْ فِي أَرْضِ اللَّهِ ۖ وَلَا تَمَسُّوهَا بِسُوءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ)
Dan kepada kaum Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shalih. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Ini (seekor) unta betina dari Allah sebagai tanda untukmu. Biarkanlah ia makan di bumi Allah, janganlah disakiti, nanti akibatnya kamu akan mendapatkan siksaan yang pedih.”
[Surat Al-A'raf 73]

📜Allah berfirman
(وَإِلَىٰ مَدْيَنَ أَخَاهُمْ شُعَيْبًا ۗ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ قَدْ جَاءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ ۖ فَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ أَشْيَاءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ)

Dan kepada penduduk Madyan, Kami (utus) Syuaib, saudara mereka sendiri. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah. Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.”
[Surat Al-A'raf 85]

◻maka siapa saja yg mengikuti selain dari pada jalan Allah, maka ia telah di kuasai syaiton, dan menjadi temannya.

Lanjutan>>
🖇 Tauhid ☝🏻

⚔"lailaaha illallah" ialah kalimat tauhid yg menyelamatkan dari azab Allah.
◻ ialah kunci/inti dakwah rasulullah saw
◻ialah kunci syurga
◻ialah kalimat yg dengannya darah dan harta seorang muslim dilindungi
◻ialah pembeda antara muslim dan kafir

📜di dlam musnad imam ahmad, dengan sanad yg shohih (4/63) dri jalur syaiban bin asyat bin abu asya'sta Berkata : berkata syaikh dari bani malik bin kinanah. Berkata : aku melihat rasulullah saw di pasar berkata :
Wahai manusia katakanlah laailaaha illallah maka kalian akan beruntung !!

🖇nabi muhammad saw mengaitkan antara beruntung/kemenangan dengan kalimat laailaaha illallah -->> yaitu :
Dengan mengamalkan cakupan laailaaha illallah :
1. (annafyu)Meniadakan
2. (alistbat) menetapkan

◻kalimat (لاإله) bermakna meniadakan semua yg di sembah selain Allah
◻kalimat (إلا الله) bermakna menetapkan Allah satu satunya yg di ibadahi.

🖇sebagaimana Ia ciptakan dan diatur sendiri kerajaan Nya di langit dan bumi, maka wajib pula di tauhidkan dalam ibadah kepada Nya, seperti : takut, harap, cinta, tunduk dll.

⚔maka tidak boleh di ibadahi selain Allah, yg tidak bisa memberi manfaat dan madhorot.
📜Allah berfirman
(وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِنْ قِطْمِيرٍ◻
(إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ ۚ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ)
[Surat Fathir 13-14]

"Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.◻
Jika kamu menyeru mereka, mereka tidak mendengar seruanmu, dan sekiranya mereka mendengar, mereka juga tidak memperkenankan permintaanmu. Dan pada hari Kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu seperti yang diberikan oleh (Allah) Yang Mahateliti."

📜 Allah berfirman :
(إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ ۖ فَادْعُوهُمْ فَلْيَسْتَجِيبُوا لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ * أَلَهُمْ أَرْجُلٌ يَمْشُونَ بِهَا ۖ أَمْ لَهُمْ أَيْدٍ يَبْطِشُونَ بِهَا ۖ أَمْ لَهُمْ أَعْيُنٌ يُبْصِرُونَ بِهَا ۖ أَمْ لَهُمْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا ۗ قُلِ ادْعُوا شُرَكَاءَكُمْ ثُمَّ كِيدُونِ فَلَا تُنْظِرُونِ)

Sesungguhnya mereka (berhala-berhala) yang kamu seru selain Allah adalah makhluk (yang lemah) yang serupa juga dengan kamu. Maka serulah mereka lalu biarkanlah mereka memperkenankan permintaanmu, jika kamu orang yang benar.
Apakah mereka (berhala-berhala) mempunyai kaki untuk berjalan, atau mempunyai tangan untuk memegang dengan keras, atau mempunyai mata untuk melihat, atau mempunyai telinga untuk mendengar? Katakanlah (Muhammad), “Panggillah (berhala-berhalamu) yang kamu anggap sekutu Allah, kemudian lakukanlah tipu daya (untuk mencelakakan)ku, dan jangan kamu tunda lagi
[Surat Al-A'raf 194 - 195]

◻ dan telah menyimpang para penyembah kubur di zaman kita dan sebelum kita dari ayat ini dan hadits rasulullah. Dan memalingkan keagungan dalam beribadah mereka kepada yg sudah mati, yg tidak memberikan manfaat dan madhorot kepada penyembahnya,
Dan kita dapati mereka mendahulukan penghambaan mereka kepada selain Allah, maka celakalah dan celakalah bagi siap yg menyembah yg di larang Allah.

🖇 dan kita dapati, mereka mengikhlaskan ibadah, harap dan cemas nya kepada patung dan sesembahan mereka, mereka meminta jalan keluar dari masalah, meminta agar terkabulnya hajat.

Akhirnya mereka menjadikan apa yg di perintah Allah (tauhid) menjadi syirik
Dan apa yg di larang Allah dari kemusyrikan mereka tauhidkan.

◻🖇 maka inilah keadaan dari penyembah kubur sekarang ini (penyembah makam albadawi dan jailani) dll.
⚔mereka telah menghantam tauhid, dan menggantinya dengan syirik, yaitu meminta kepada selain Allah. Serta merampas hak Allah....
◻ maka laki2 dan perempuan2 banyak yg menangis, rukuk sujud di hadapan kuburan mereka

🔈maka kita meminta kepada Allah agar memberikan kepada kita hidayah, dan tidak berpaling hati kita setelah hidayah. Karna ini syirik yg nyata yg tidak di ampuni oleh Allah kecuali dengan bertaubat.

Lanjutan >>>>>>>>>
: 🖇Tauhid☝🏻⚔

◻ketahuilah : sesungguhnya dengan tauhid hati menjadi lapang, setiap bertambah kuat ketauhidan, bertambah pula kelapangan dada. Dan sebaliknya.
◻sedangkan syirik
Ialah sebab hati menjadi sempit dan gelisah, karna orang musyrik menyamakan sesuatu selain Allah, yg tidak bisa memberikan manfaat dan mencegah madhorot/ bencana sekalipun untuk dirinya, lantas bagaiman ia bisa menyelamatkan orang lain ?????

◻ setiap manusia jauh dari jalan kenabian, semakin bertambahlah kebodohan mereka.

◻ semua syirik sumbernya adalah karna ketidak tahuan terhadap keagungan Allah, semakin ia tidak tau, semakin bertambah kesyirikan, bertambah kemungkaran dan bertambah perkara2 yg bisa mengeluarkan seseorang dari islam. Karna jauhnya mereka dari Agama dan menolaknya untuk mempelajari ilmu Agama. Khususnya tauhid.

🖊Allah tidaklah mencabut ilmu sekaligus mencabutnya dari hamba, akan tetapi Allah mencabut ilmu dgn cara mewafatkan para ulama hingga bila sudah tak tersisa ulama maka manusia akan mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh, ketika mereka ditanya mereka berfatwa tanpa ilmu, mereka sesat & menyesatkan. Berkata Al Firabri Telah menceritakan kepada kami 'Abbas berkata, Telah menceritakan kepada kami Qutaibah Telah menceritakan kepada kami Jarir dari Hisyam seperti ini juga. [HR. Bukhari No.98].

🗞 maka dengan di wafatkannya alim ulama menjadi sebab munculnya kebodohan dan kesesatan

🗞adapun ulama yg suka menjual akhiratnya dengan dunia, mereka adalah sebab munculnya kerusakan di muka bumi.

📜 (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْأَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۗ وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ)

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih.
[Surat At-Taubah 34]

🔈ayat ini sebagai kabar dari Allah bahwa rahib(pennyeru) pada waktu itu adalah ulama, mereka memakan harta manusia dengan kebatilan, membuat putusan sendiri tentang perkara halal haram untuk memudahkan manusia.
Mereka mnjadi penjilat para pemerintahan. Mencari ayat2 yg mndukung gagasannya. Dan di sisi lain juga menghalangi jalan Allah.
Mereka mencampur adukan yg benar dengan yang salah. Inilah bentuk ulama suu' atau sesat.

🔈da banyak di dapati manusia menyembah/ mengabdi kepada selain Allah.

Mereka tunduk pada selain Allah
Mereka sujud pada selain Allah
Mereka berkorban pada selain Allah
Mereka sumpahkan pada selain Allah.

🔈 mereka bisa berbuat demikian karna pengaruh ulama suu' atau sesat. Yg memakan harta manusia dengan cara yg bathil. Menghalangi dari jalan Allah.

Maka seperti perbuatan ulama suu' Allah menggambarkan di dalam Al Quran sbg berikut :

📜(فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ وَرِثُوا الْكِتَابَ يَأْخُذُونَ عَرَضَ هَٰذَا الْأَدْنَىٰ وَيَقُولُونَ سَيُغْفَرُ لَنَا وَإِنْ يَأْتِهِمْ عَرَضٌ مِثْلُهُ يَأْخُذُوهُ ۚ أَلَمْ يُؤْخَذْ عَلَيْهِمْ مِيثَاقُ الْكِتَابِ أَنْ لَا يَقُولُوا عَلَى اللَّهِ إِلَّا الْحَقَّ وَدَرَسُوا مَا فِيهِ ۗ وَالدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ)

Maka setelah mereka, datanglah generasi (yang jahat) yang mewarisi Taurat, yang mengambil harta benda dunia yang rendah ini. Lalu mereka berkata, “Kami akan diberi ampun.” Dan kelak jika harta benda dunia datang kepada mereka sebanyak itu (pula), niscaya mereka akan mengambilnya (juga). Bukankah mereka sudah terikat perjanjian dalam Kitab (Taurat) bahwa mereka tidak akan mengatakan terhadap Allah, kecuali yang benar, padahal mereka telah mempelajari apa yang tersebut di dalamnya? Negeri akhirat itu lebih baik bagi mereka yang bertakwa. Maka tidakkah kamu mengerti?
[Surat Al-A'raf 169]

◻☝🏻diatas adalah contoh sifat ulama suu' sesat.

⚔maka wajib kita berhati hati dari mereka, karna mereka tidak berniat untuk menegakkan agama islam ini.
[13/5 20.22] ‪+62 812-8417-2200‬: Lanjutan >>>>>>>>>>>>>>>🖇 Tauhid ☝🏻

🖊 Tauhid terbagi menjadi 3  macam :
1⃣Tauhid rububiyah
2⃣Tauhid Uluhiyah
3⃣Tauhid Asma Wa Shifat

____________________________
1⃣Tauhid Rububiyah

◻ialah keyakinan tentang penetapan dan pengakuan bahwa Allah lah yg menciptakannya, yg memberikan rezeki, yg mengatur kehidupan
◻Tauhid ini ada pada semua, bahkan orang musyrik Arab jahiliyah pun meilikinya. Namun tidak membuatnya masuk ke dalam islam

📜 Allah berfirman
(وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ ۚ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ ۚ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ)

Dan sungguh, jika engkau (Muhammad) tanyakan kepada mereka, ”Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?” Tentu mereka akan menjawab, ”Allah.” Katakanlah, ”Segala puji bagi Allah,” tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
[Surat Luqman 25]

📜Allah berfirman
(قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۚ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ ۚ فَقُلْ أَفَلَا تَتَّقُونَ)

Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”
[Surat Yunus 31]

📌menetapkan tentang adanya Allah dan mengakui bahwasannya Allah lah yg menciptakan, memberi rezki, yg mengatur segalanya. Tudak cukup memasukan hamba ke dalam islam.

🔈karna banyak orang2 musyrik, menetapkan dalam hatinya tauhid rububiyah. Akan tetapi blm memasukan mereka ke dalam islam.
Karna tiadanya tauhid penghambaan/ibadah.
Maka nabi pun memerangi mereka dan di halalkan harta dan darahnya.

🔈 dan banyak manusia menyangka bahwa tauhid rububiyah ialah tauhid yg di utusnya para rasul, dan jika mengamalkan tauhid rububiyah. Seakan akan telah merealisasikan tauhid dengan sebenar benarnya👉
Dan ini salah🙅🏻‍♂.

👉ini adalah salah satu ketidak tahuan terhadap pemahaman tauhid dan akhirnya mereka memusyrikan Allah.

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Tauhid ??"

Posting Komentar