Agama Islam Itu Mudah

۩▬▬▬▬▬▬▬Renungan Buat Kita ▬▬▬▬▬▬۩
Bismillāhir-rahmānir-rahim ..


Islam itu mudah Begitulah kata yg tepat buat seorang muslim yg taat dan sebaliknya Islam itu berat melaksanakan nya sebab banyak tatacara ,hukum,cabang cabangnya banyak..
Rutinitas kita untuk melaksanakan amalan Sholeh, tidak membuat kita takut menjadi jauh dari kelancaran urusan-urusan duniawi kita.

Islam itu mudah. Menganjurkan kita untuk beribadah sesuai kemampuan dan bersikap pertengahan, tidak untuk mempersulit diri sendiri.

Islam itu mudah. Seperti yang disampaikan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda:

Sesungguhnya agama (Islam) itu mudah.
Tidaklah seseorang mempersulit (berlebih-lebihan) dalam agamanya kecuali akan terkalahkan (tidak dapat melaksanakannya dengan sempurna).
Oleh karena itu, berlaku luruslah, sederhana (tidak melampaui batas), dan bergembiralah (karena memperoleh pahala) serta memohon pertolongan (kepada Allah) pada waktu pagi, petang dan sebagian malam.”
(Hadits Riwayat Bukhari, No.39)

Islam itu mudah.
Pada kitab Bahjatu Qulubil Abrar, Syeikh Abdurrahman bin Nashir as Sa'di menerangkan isi dalam hadits diatas:

" ...Jika seorang hamba meperhatikan amal-amal yang ditugaskan kepadanya sehari semalam, dari amalannya yang fardhu maupun nafilah (bukan fardhu), (seperti) shalat, puasa, shadaqah dan selainnya. Dan ia ingin mengikuti contoh (dari) manusia (yang) paling sempurna dan imam mereka, Muhammad ﷺ dalam hal-hal tersebut, niscaya ia akan melihat hal itu tidaklah sulit baginya.
Tidak ada yang mencegahnya (atau menjauhkannya) dari maslahat (atau kelancaran-kelancaran urusan) dunianya, bahkan sangat mungkin baginya menunaikan hak-hak (atau urusan) keseluruhannya;
(Baik) hak Allah, hak dirinya, hak keluarga, hak sahabat dan hak semua orang (dalam hidupnya).
Semua itu bisa dilakukan dengan mudah."

______________________

Islam itu mudah. Dan Allah membalas tiap titik amal sholeh yang diusahakan oleh kita tanpa celah sedikitpun dan Ia tempat kita kembali.

'Al-ladziina 'aamanuu wa 'amilushshaalihaati tuubaa lahum wa husnu ma-'aab.

"Orang-orang yang beriman dan beramal Sholeh, mereka mendapatkan kebahagiaan dan tempat kembali yang baik." (Q.S Ar Ra'd ayat 29)

Jakarta, 2 April 2017.
Saudaramu, Ardi.


Related Posts:

0 Response to "Agama Islam Itu Mudah "

Posting Komentar