Perhatikan Sebelum Untuk Berangkat Berlibur

Berangkat Berlibur

Menjelang hari keberangkatan, Anda juga bisa membuat persiapan akhir. Khususnya Anda bisa mempersiapkan fisik Anda agar tidak kelelahan di tempat liburan atau di tempat rekreasi. Beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, khususnya jika Anda merencanakan berlibur di luar kota atau luar negeri, adalah sebagai berikut:

 Tidur cukup
    Upayakan tidur cukup menjelang hari Anda berangkat berlibur. Pada hari Anda berangkat berlibur, biasanya kondisi fisik akan cukup lelah karena perjalanan panjang yang jauh. Bisa jadi ada delay waktu penerbangan yang membuat Anda menunggu cukup lama sehingga Anda kelelahan. Perubahan cuaca juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan fisik Anda agar tidak jatuh sakit saat berlibur.
 Makan yang benar
    Sepekan menjelang berangkat berlibur, upayakan makan dan minum yang benar. Jika Anda di perjalanan dan mengalami gangguan di perut, tentu akan mengganggu perjalanan dan liburan Anda.
 Periksa barang bawaan
    Persiapkan semua barang bawaan yang telah Anda rencanakan jauh-jauh hari. Misalnya Anda bisa menyiapkan pakaian yang cocok, kamera, alat musik, mainan, buku, obat-obatan, kosmetik seperti tabir surya, dan berbagai barang lainnya yang membuat liburan Anda nyaman. Jangan lupa mempersiapkan cemilan untuk dinikmati selama di perjalanan.
    Obat-obatan
    Jika Anda memiliki gangguan kesehatan khusus, seperti penyakit jantung atau hipertensi, ada baiknya Anda mempersiapkan obat untuk penyakit tersebut untuk membuat tindakan pencegahan di tempat berlibur.
    Hindari alkohol dan kopi
    Hindari mengkonsumsi alkohol maupun kopi, khususnya jika Anda berpergian ke luar negeri. Karena Anda akan mengalami jet lag, sedangkan alkohol dan kopi akan berdampak negatif terhadap jet lag.

 
Perjalanan ke Lokasi Liburan

Setelah semua persiapan selesai, tibalah waktunya untuk berangkat berlibur. Anda mungkin menempuh perjalanan berjam-jam menuju lokasi berlibur. Apa yang harus Anda perhatikan selama dalam perjalanan? Berikut ini beberapa tips menarik yang bisa dilakukan.

    Rute perjalanan
    Jika menggunakan kendaraan pribadi, pilihlah rute yang nyaman dan aman. Jika Anda membawa anak-anak, pilih medan yang nyaman, karena bisa jadi anak tersebut mengalami mabuk perjalanan atau kelelahan.
    Berhenti untuk beristirahat
    Jika Anda mengendarai sendiri kendaraan pribadi, maka menepilah jika Anda mulai mengantuk dan kelelahan. Jangan ragu-ragu untuk beristirahat jika Anda mulai merasa kantuk agar Anda tidak terlalu lelah lalu sakit di tempat tujuan. Jika Anda beristirahat di dalam mobil, pilihlah daerah yang cukup aman. Beberapa orang bahkan memilih lokasi kantor polisi untuk beristirahat.
    Banyak minum
    Minumlah banyak cairan yang tidak mengandung alkohol selama di perjalanan. Perjalanan jauh dan lama mengakibatkan gangguan kesehatan seperti dehidrasi.
    Gerak badan
    Upayakan menggerakan badan jika Anda duduk terlalu lama di pesawat, kereta api atau kendaraan lainnya. Kurangnya gerak dan duduk berdesak-desakan selama berjam-jam dapat mengakibatkan pembekuan darah di kaki. Oleh karena itu, beberapa penumpang perlu melakukan gerak badan dengan berjalan-jalan di lorong atau dengan melemaskan pinggul dan otot-otot kaki sambil duduk.
    Perhatikan anak-anak
    Membawa anak kecil dalam perjalanan merupakan tantangan tersendiri. Anak akan mudah mengeluh karena lamanya perjalanan. Bawalah buku, mainan, atau bahan-bahan lain untuk menyita perhatian sang anak.

Related Posts:

0 Response to "Perhatikan Sebelum Untuk Berangkat Berlibur"

Posting Komentar